Profil Pesantren Bin Baz

Posted on April 20, 2011

0


Embrio Islamic Centre Bin Baz (ICBB) sudah ada sejak tahun 1993 berupa Ma’had Tahfizhul Quran. Pada tahun 1996 kegiatan yang sebelumnya berlokasi di Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman ini dipindah ke Ma’had Jamilurrahman yang beralamat di Glondong Sawo Banguntapan Bantul, dikukuhkan dengan Surat Keputusan Depag No: E9686 Tgl 30 Juli 1996.

Seiring dengan selesainya pembangunan Ma’had ICBB, pada tahun 2000 kegiatan Ma’had Tahfizhul Quran dipindah ke ICBB. Di ICBB inilah mulai diselenggarakan pendidikan diniyah islamiyah dan pendidikan umum secara terpadu. Pelajaran diniyah yang diajarkan meliputi Tahfizh al-Quran, Akidah, Ibadah, Akhlak, Fikih, Hadits, Tarikh Islam, dan Bahasa Arab. Kurikulum pelajaran diniyah yang dipakai merupakan gabungan kurikulum Kemenag (d.h. Depag), sekolah Timur Tengah, dan pondok pesantren. Adapun pelajaran umum meliputi pelajaran yang menjadi kurikulum Kemendiknas (d.h. Diknas).

Tahun 2003 ICBB ditetapkan oleh Depag, dengan SK No: MI.2/5/KP.08.8/33/2003, sebagai penyelenggara program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun (Wajar Dikdas). Tingkat SD disebut dengan Salafiyah Ula (SU) dan tingkat SMP disebut Salafiyah Wustha (SW). Dengan program ini lulusan SU dan SW ICBB akan mendapatkan ijazah resmi dari pemerintah.Tahun 2005, ICBB terdaftar sebagai pondok pesantren penyelenggara program persamaan Paket C (SK Depag No: Kd.12.02/5/116/2005) tingkat SMA, yang saat itu masih menggunakan istilah Salafiyah Aliyah (SA).

Pada tahun 2010 program SA berubah menjadi MA dan berhak untuk mengikuti kegiatan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2011, berdasarkan SK Depag No: 499 Tahun 2010 dan SK Kementrian Agama Prof DIY No. 273 Tahun 2010.

Visi dan Misi

Visi
Mencetak generasi rabbani, yang berpegang teguh kepada Al Qur’an dan Assunah, sesuai pemahaman Salafus Shalih.

Misi

  1. Menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional yang bermanhaj salaf dalam berakidah, bermuamalah, dan berakhlak.
  2. Mendidik generasi yang mampu menghadapi tantangan global dan mampu memberikan kontribusi penyelesaian masalah umat dengan dilandasi akhlak mulia.
  3. Mendidik generasi yang hafal al-Qur’an yang memahami pokok-pokok agama dan beradab kepada Allah, Rasul-Nya, orang tua, sesama manusia dan makhluk secara umum, serta mampu berbahasa Arab baik tulisan, bacaan, maupun percakapan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan resmi dengan kurikulum diniyah dari Timur Tengah dan kurikulum umum nasional yang mendapatkan 2 ijazah yang diakui baik oleh Pemerintah maupun lembaga pendidikan di Timur Tengah.
  5. Menciptakan suasana dan lingkungan yang berbahasa Arab dan islami di lingkungan Islamic Centre Bin Baz.

Kepengurusan (Periode 2010/2011)

 Mudir ICBB  Ustadz Abu Sa’ad, M.A.
 Kepala Sekolah RA  Ustadzah Ummu Hanif
 Kepala Sekolah SU  Ustadz Abu Athifah
 Kepala Sekolah SW  Ustadz Jundi, Lc.
 Kepala Sekolah MA  Ustadz Iqbal, Lc. S.Pd.I

Perkembangan Jumlah Santri

Data pertumbuhan jumlah santri (akumulatif) dari tahun ajaran 2003/2004 s.d 2010/2010

Prestasi

Tahun 2007

  1. Juara I perlombaan pondok pesantren berwawasan lingkungan se-Kabupaten Bantul
  2. Juara III perlombaan pondok pesantren berwawasan lingkungan se-DIY.

Tahun 2008

  1. Juara I Tafsir Al-Quran Berbahasa Arab (putra) pada STQ DIY.
  2. Juara II Tafsir Al-Quran Berbahasa Inggris (putra) pada STQ DIY.
  3. Juara II Tafsir Al-Quran Berbahasa Indonesia (putra) pada STQ DIY.
  4. Menjadi wakil Propinsi DIY pada Musabaqoh Tafsir Al-Quran Nasional di Banten.

Tahun 2009

  1. Juara I Tafsir Al-Quran Berbahasa Arab (putra) dan Juara I Musabaqah Hifzhul Quran 30 Juz (putra) pada STQ Kabupaten Bantul.
  2. Juara II Tafsir Al-Quran Berbahasa Arab (putra) pada STQ DIY.

Tahun 2010

  1. Juara I Tafsir Bahasa Arab (Putra) MTQ Kab. Bantul
  2. Juara III Tafsir Bahasa Indonesia (Putra) MTQ Kab. Bantul
  3. Juara III Tafsir Bahasa Inggris (Putra) MTQ Kab. Bantul
  4. Juara I MHQ 30 Juz (Putra) MTQ Kab. Bantul
  5. Juara II MHQ 20 Juz (Putra) MTQ Kab. Bantul
  6. Juara I Hifdzul Quran Gol 30 Juz dan Tilawah (Putra) MTQ Prov. DIY
  7. Juara II Tafsir Bahasa Inggris (Putra) MTQ Prov. DIY
  8. Juara II Tafsir Al-Quran Gol Bhs Arab (Putra) MTQ Prov. DIY
  9. Juara III Musabaqah Menulis Kandungan Al-Quran (Putra) MTQ Prov DIY

Keunggulan dan Kekhususan

  1. Memiliki Perpustakaan, laboratorium komputer dan bahasa.
  2. Memiliki minimarket di dalam lingkungan pondok.
  3. Fasilitas olahraga: lapangan bola, basket, sepak takraw, volly & bulu tangkis.
  4. Lingkungan pondok yang bersih dan asri serta masyarakat yang kondusif.
  5. Perawatan di rumah sakit milik sendiri (RS At-Turots Al-Islamy).
  6. SMS Centre
  7. Sistem Informasi Pondok berbasis Web untuk mengakses informasi nilai, SPP, kesehatan, presensi santri, dan lain-lain.
  8. Majalah Fatawa sebagai sarana informasi dan komunikasi antara wali santri dan pondok.
  9. Native Speaker bahasa Arab dari Timur Tengah
  10. Bimbingan Tahfidz dan Qira’atul Qur’an oleh Syaikh yang bersanad dan berijazah.

Pengajar

Para hafizh/hafizhah, alumni Perguruan Tinggi di Saudi Arabia, Mesir, dan Pakistan, LIPIA, Universitas-universitas ternama di Indonesia, alumni Pondok Pesantren Salaf, dan lain-lain.

Alumni Pondok Pesantren  55 orang
Diploma  19 orang
Sarjana  38 orang
Lc  16 orang
Master (S2)  3 orang

Jenjang Pendidikan

Dalam mewujudkan visi dan menjalankan misinya, Bagian Kerja ICBB menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan pendidikan dalam beberapa jenjang.

  1. RAUDHATUL ATHFAL (setingkat TK)
  2. SALAFIYAH ULA (setingkat SD)
  3. SALAFIYAH WUSTHA (setingkat SLTP)
  4. I’DAD LUGHOWI/TAKHOSUS (Program penyiapan Bahasa Arab bagi para calon santri Madrasah Aliyah yang berasal dari luar Islamic Centre Bin Baz)
  5. MADRASAH ALIYAH (setingkat SMA)

Kurikulum

Raudhatul Athfal
Kurikulum pendidikan meliputi materi yang bersifat :

  1. Kognitif: baca tulis latin, baca Al-Quran, hafalan surat-surat pendek (umumnya Juz Amma), praktik ibadah, dan penguasaan kosa kata bahasa Arab dasar. Alumni RA ICBB rata-rata hafal Juz Amma dan menguasai kosa kata bahasa Arab dasar.
  2. Afektif: akhlak, akidah,
  3. Psikomotorik: mengasah keterampilan, kemandirian

Salafiyah Ula
Kurikulum pendidikan terdiri atas:

  1. Hafalan Al-Quran. Target lulusan mampu menghafal Al-Quran minimal 5 juz.
  2. Ilmu Diniyah. Meliputi mata pelajaran Tauhid, Fikih, Hadits (hadits Arbain Nawawiyah), Sirah Nabawiyah, dan Akhlak.
  3. Bahasa Arab. Terdiri dari Nahwu, Sharaf, Muhadatsah, Khat, dan Imla’.
  4. Ilmu Umum. Meliputi mata pelajaran IPA, IPS, PPKn, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Sains sesuai kurikulum Diknas.

Salafiyah Wustha
Kurikulum pendidikan terdiri atas:

  1. Hafalan Al-Quran. Target lulusan mampu menghafal Al-Quran 5 juz.
  2. Ilmu Diniyah. Meliputi mata pelajaran Tauhid, Tafsir, Fikih, Hadits, Sirah Nabawiyah, Akhlak, Tajwid, dan Manhaj.
  3. Bahasa Arab. Meliputi pelajaran Nahwu, Sharaf, Muhadatsah, Khat, dan Imla’.
  4. Ilmu Umum. Meliputi materi IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris sesuai kurikulum Diknas.

I’dad Lughowi/Takhosus
Dengan kurikulum pendidikan terdiri dari:

  1. Hafalan Al-Quran. Para santri ditargetkan menghafal Al-Quran minimal 1 juz.
  2. Ilmu-Ilmu Diniyah. Meliputi materi pelajaran Tauhid, Manhaj, Fikih, dan Akhlak
  3. Bahasa Arab. Terdiri dari pelajaran Nahwu, Muhadatsah, Khot, Imla’, dan Sharaf.

Madrasah Aliyah
Terdiri dari dua jurusan, IPA dan Keagamaan. Kurikulum pendidikan terdiri dari:

  1. Hafalan Al-Quran. Target lulusan mampu menghafal Al-Quran 5 juz.
  2. Ilmu Diniyah. Meliputi mata pelajaran Tauhid, Tafsir, Ushul Fiqh, Fikih, Hadits, Sirah Nabawiyah, Akhlak, Tajwid, dan Manhaj.
  3. Bahasa Arab. Meliputi pelajaran Nahwu, Sharaf, Muhadatsah, Balaghah.
  4. Ilmu Umum. Meliputi materi pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Biologi, Fisika, Kimia, Sosiologi, Geografi, dan Bahasa Inggris sesuai kurikulum Diknas.

Target Pembelajaran

Jika seluruh jenjang pendidikan dan kegiatan pesantren diikuti secara keseluruhan, lulusan ICBB memiliki Standar Kelulusan sebagai berikut:

  1. Memiliki pemahaman akidah dan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah.
  2. Memahami kaidah ilmu syar’i yang benar.
  3. Memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur.
  4. Hafal Al-Quran 30 juz.
  5. Mampu berkomunikasi dengan Bahasa Arab.
  6. Siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik umum maupun diniyah.
  7. Memiliki kesiapan dan kemandirian dalam berkarya serta bersosialisasi di masyarakat.

Data Kampus

Kampus ICBB I.

  1. Berlokasi di Karanggayam, SItimulyo, Piyungan, Bantul, DIY.
  2. Kelas Raudhatul Athfal dan kelas Salafiyah Ula Putra berada di lokasi atas.
  3. Kelas dan asrama Salafiyah Wustha Putra, Asrama Salafiyah Ula Putra berada di lokasi bawah. Di lokasi ini pula pada bagian Selatan terletak kelas dan asrama untuk Salafiyah Ula Putri dan Salafiyah Wustha Putri.

Kampus ICBB II.

  1. Berlokasi di Karangploso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, DIY.
  2. Difungsikan sebagai kelas dan asrama untuk Madrasah Aliyah Putra.

Kampus ICBB III.

  1. Berlokasi di Karangploso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, DIY.
  2. Difungsikan sebagai kelas dan asrama Madrasah Aliyah Putri

Kegiatan Belajar

 Raudhatul Athfal  Belajar dari jam 08.00 – 10.30.
 SU  Belajar tahfizh pagi 07.00 – 07.30.
Belajar di kelas 08.00 – 12.00.
Belajar tahfizh siang 14.00 – 15.00.
Belajar malam 20.00 – 21.00.
 SW, I’dad, MA  Belajar tahfizh subuh 05.00 – 06.00
Belajar di kelas 07.00 – 13.00
Belajar tahfizh ashar 15.30 – 16.30
Belajar malam 20.00 – 21.00

Selain kegiatan-kegiatan belajar di atas, santri secara rutin melakukan kegiatan mingguan, diantaranya: latihan percakapan dan pidato dalam multi-bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris), dan latihan kepanduan.

Posted in: Profil Pesantren