Profil Pesantren Hidayatun Najah

Posted on April 20, 2011

0


Pesantren Islam Hidayatunnajah (PIH)

Pesantren Islam Hidayatunnajah (PIH) adalah lembaga pendidikan di bawah Pengawasan Yayasan Wakaf Hidayatunnajah Bekasi (YWHB). Pesantren ini berdiri di atas tanah wakaf dari Bapak H. Muhammad Yasin, sejak awal berdirinya 20 Mei 1989, Pesantren ini telah berkhidmah untuk pendidikan dan dakwah kepada umat Islam.

Kemudian pada tahun palajaran 2008/2009 pesantren ini berubah memantapkan eksistensinya dalam membawa amanah pendidikan dan dakwah Islam menuju kesholihan ummat menurut tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai pemahaman salaful ummah.

salah satu yang kami upayakan pembenahannya adalah kurikulum yang diajarkan sesuai dengan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah, kegiatan santri yang mengacu pada pembekalan ‘Ilmu yang bermanfaat dan kemampuan berdakwah yang dibekali dengan Tahfizh Al-Qur’an, Al-Hadits An-Nabawi As-Sholih dan perkataan para ‘ulama Salaf serta tetap memperhatankan bahasa Arab dan Inggris sebagai perpaduan kurikulum KAMENDIKNAS/KAMENAG, dengan kurikulum inti Pesantren.

Adapun satuan pendidikan yang dikelola saat ini mulai tingkat Raudhatul Athfal/TK Islam (KAMENEG), SD Islam (KAMENDIKNAS), Tarbiyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al-Islamiyah (MTs & MA) KAMENEG, dan Sekolah Tinggi Dirosat Islamiyah Wal Arobiyah (STDIA) Hidayatunnajah

Visi

“Menuju kesholihan Ummat Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai Pemahaman Salafussholih”

Misi

  • Menegakkan Aqidah, Ibadah dan Akhlaq Ahlussunnah Wal Jama’ah
  • Meneguhkan Iman, Ilmu, Pemahaman dan Dakwah
  • Mengamalkan Dienul Islam Sesuai Pemahaman Salafussholih
  • Mencetak dan Membina Generasi Ummat yang Mandiri dan Mampu Berkarya dalam Bingkai Islam, Iman dan Ihsan
  • Membina Guru dan Da’iyah yang Memiliki Kemampuan Ilmu dan Pemahaman yang Benar dan Membekali dengan Tahfizhul Qur’an was Sunnah serta Aktif Berbahasa Arab dang Inggris

Program Pendidikan

Tingkat Raudhatul Athfal/TK Islam Annajah

Pendidikan ini ditempuh selama 1 atau 2 tahun yang diperuntukkan bagi anak (Putra-putri) yang berusia minimal 4 – 5 tahun, dengan konsentrasi pendidikan pada pengenalan Pokok-pokok Dienul Islam dari Aqidah/Tauhid,Fiqih Ibadah, maupun Akhlak. Juga pengenalan pada pokok-pokok pengetahuan umum seperti Belajar Membaca,Menulis dan Menghitung.

Muatan Kurikulum TK Islam Annajah berisi Pokok-pokok Tauhid/Aqidah, Tahfidzul Qur-an Juz 30,Tahfidzul Hadits-hadits pilihan, Bahasa Arab Dasar,Pengenalan Ibadah Wajib,Do’a-do’a harian,pengenalan akhlak terpuji dan tercela serta pengenalan singkat Siroh Rosulullah. Adapun dari materi umum, diajarkan Baca latin,bahasa inggris dasar, pembinaan aspek kognitif dan psico motorik peserta didik.

Tingkat Sekolah Dasar Islam Annajah

Pendidikan ini ditempuh dalam waktu 6 tahun yang diperuntukkan bagi santri(putra-putri) yang berusia minimal 6-12 tahun, dengan konsentrasi pada pemantapan terhadap pengenalan pokok-pokok Dienul Islam dan pengetahuan umum sebagai program Dasar dari Wajib Belajar yang telah ditetapkan Pemerintah.

Muatan Kurikulum SD Islam Annajah adalah perpaduan antara kurikulum yang telah ditetapkan DEPDIKNAS dan kurikulum inti Pesantren dengan prosentase 40 % dan 60 %. Adapun Muatan Kurikulum DikNas yang kita ajarkan adalah Mata Pelajaran yang akan di Ujian Nasional kan seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA/Sains dan Bahasa Inggris. Sedangkan Muatan Kurikulum Pesantren yang kita ajarkan adalah Uraian dari mata pelajaran ‘Pendidikan Agama Islam’secara terpisah yaitu Aqidah/Tauhid,Tahsin al Qur-an dan Tahfidznya, al Hadits dan Tahfidznya, Fiqih Ibadah Teori dan Praktek, Bahasa Arab, Siroh, dan Akhlak Islam.

Bagi para santri yang telah menamatkan program pendidikan SD Islam Annajah ini berhak mendapatkan Ijazah/SKHUN dari DikNas dan dapat melanjutkan ke MTs Annajah/sederajat atau MTs Negeri atau SMP Islam dan SMP Negeri.

Tingkat Tarbiyatul Mu’allimin/Mu’allimat al Islamiyah Annajah (MTs/MA)

Pendidikan ini diselenggarakan selama 6 tahun dari Kelas 1 MTs sampai Kelas III Aliyah, atau 4 Tahun yang dimulai dari kelas Takhassus (Persiapan Bahasa) sampai kelas III Aliyah yang diperuntukkan bagi siswa yang sudah lulus dari Sekolah Dasar (SD Diknas atau MI Depag) dan berumur minimal 12 tahun bagi kelas 1 MTs atau umur minimal 14 tahun bagi kelas 1 Aliyah/Takhassus dan belum/tidak menikah selama masa pendidikan ini. Program ini akan membekali para santrinya kemampuan untuk menjadi seorang Pendidik/Guru atau Pendakwah/Da’iyah dengan memiliki aqidah yang benar,ibadah yang shohihah sesuai Sunnah, dan akhlak yang mulia. Juga dibekali dengan aktif berbahasa Arab dan Inggris.

Muatan Kurikulum TMI Annajah (MTs/MA) adalah perpaduan antara kurikulum yang telah ditetapkan DEPAG dan kurikulum inti Pesantren dengan prosentase 40 % dan 60 %. Adapun Muatan Kurikulum DEPAG yang kita ajarkan adalah Mata Pelajaran yang akan di Ujian Nasional kan seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA/Sains dan Bahasa Inggris dan juga dibekali dengan keterampilan Komputer dan Teknologi Informasi. Sedangkan Muatan Kurikulum Pesantren yang kita ajarkan adalah yaitu Aqidah/Tauhid, Tarbiyah (Dasar-Dasar Pendidikan),Tajwid/Tahsin al Qur-an dan Tahfidznya, Tafsir al Qur-an, al Hadits dan Tahfidznya, Ulumul Hadits, Fiqih Ibadah Teori dan Praktek dan Ushulul Fiqh, Bahasa Arab, Mahfudzat (Hapalan Qaul/Pendapat Para Ulama), Muthola’ah, Balaghah, Siroh, dan Akhlak Islam.

Secara khusus, bagi santri yang telah duduk di tingkat Aliyah, maka MA Annajah membuka 2 jurusan yaitu IPA dan IPS, yang akan dipilih ketika siswa mau memasuki di kelas 2 Aliyah. Dan secara umum, bagi para santri yang telah menamatkan program pendidikan TMI Annajah selama 6 tahun atau 4 tahun ini berhak mendapatkan Ijazah/SKHUN  MTs atau Aliyah dari DEPAG dan dapat melanjutkan ke Perguruan-Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri.

Tingkat Sekolah Tinggi Dirosat Islamiyah Wal Arobiyah (STDIA) Hidayatunnajah

Pendidikan ini adalah program yang diperuntukkan bagi peserta didik pasca SLTA (SMU/SMK/MA) yang ingin mendalami pemahaman terhadap Ilmu-ilmu Islam dan Bahasa Arab yang terdiri dari Aqidah/Tauhid, Tafsir/Ulumul Qur-an, Hadits/Ulumul Hadits, Fiqih/ushulul Fiqih, Nahwu, Shorof, Adab,Balaghah, Bahasa Arab Umum (Muhadatsah,Qiro-ah wal Kitabah), Khath Arab, Imla, I’lal, I’rob dan Tarikh Islam.

Program ini sudah berjalan 1,5 tahun untuk program Diploma Bahasa Arab dan Studi Islam yang mengacu pada kurikulum Ma’had Ta’limil Lughah Al ‘Arobiyah Universitas al Imam Muhammad Bin Su’ud al Islamiyah Saudi Arabia dengan menggunakan kitab Silsilah Ta’limil Lughah Al ‘Arobiyah selama 2 tahun atau 4 semester. Adapun program kelanjutan hingga mencapai program Strata Satu (S1) sedang dalam perencanaan,insya Allah.

Pembukaan Pendaftaran untuk calon Mahasiswa Baru dibuka 2 x dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli setiap tahunnya.

Posted in: Profil Pesantren