Profil Pesantren Imam Syafii

Posted on April 20, 2011

0


Sejarah Pesantren

Berharap lahirnya sosok pribadi unggul, kreatif, inovatif dan lurus dalam akidah, ibadah dan akhlak berdasarkan pemahaman salaful ummah, Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah melakukan upaya terstruktur dan terarah untuk mewujudkan cita-cita besar ini demi kemajuan kaum muslimin di Nanggroe Aceh Darusalam. Salah satu metode menggapai harapan ini dengan mendidik anak-anak Nanggroe  dalam sebuah lembaga pendidikan berkualitas dalam segala aspek.

Jalan menuju impianpun mulai diretas dengan menyusun rencana strategis yang berkesinambungan. Diawali dengan pendataan potensi calon santri, yaitu anak-anak yatim korban tsunami dan konflik, pemilihan lokasi pendirian lembaga dan identifikasi kebutuhan,  maka sejak bulan Maret 2007 pembangunan fisik pesantren yang berlokasi di Jl. B. Aceh-Medan Km. 16,5. Ds. Reuhat Tuha –Sibreh-, Kec. Sukamakmur, Kab. Aceh Besar di mulai. Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah memandang memulai dari yang sederhana kemudian terus maju menuju kesempurnaan adalah jalan terbaik dalam merintis sebuah lembaga pendidikan.

Alhamdulillah berkat taufik dan inayah dari Allah dalam kurun waktu kurang lebih 10 bulan, pembangunan fisik kebutuhan vital pesantren di atas lahan seluas ± 3 ha, berhasil diselesaikan, seperti masjid, asrama dan kelas. Kemudian pembangunan lanjutan berupa pagar keliling untuk menjaga asset dan keamanan santri dilaksanakan pada awal tahun 2008. Setelah semuanya dianggap memadai untuk menampung santri, calon santri yang diidentifikasi di awal mulai direkrut. Pada awal semester genap tahun ajaran 2007/2008 sejumlah calon santri telah mulai menempati gedung yang telah dipersiapkan.

Dalam usianya yang masih belia ini, peningkatan kualitas dan pembenahan dalam segala bidang terus diupayakan, dengan harapan keberhasilan ta’lim dan tarbiah dapat diraih. Sehingga ucapan terimakasih yang mendalam kepada para donator dan semua pihak patut diberikan, jazakumullah khairal jaza’, semoga Allah memberikan taufik, hidayah, inayah, dan keberkahan dalam menjalankan lembada pendidikan ini.

VISI PESANTREN

MENJADI PESANTREN YANG BENAR DALAM AQIDAH, UNGGUL DALAM MUTU, KREATIF  DAN INOVATIF DALAM KARYA

MISI PESANTREN

Membentuk Pribadi Muslim yang Beraqidah Shahihah, Beribadah dan Berakhlak Sesuai Sunnah sebagaimana Salafushsholih serta Tangguh  dalam Menghadapi Perkembangan Zaman

TUJUAN PESANTREN

  1. Santri memiliki kemampuan tela’ah ilmiah dasar yang memadai.
  2. Santri mampu menguasai ilmu alat bahasa yang baik.
  3. Santri memiliki ketrampilan sesuai perkembangan zaman.
  4. Menjadi pesantren unggulan dalam Aqidah, Ibadah, Leadership, dan ketrampilan
  5. Menjadi pesantren percontohan
  6. Menyiapkan santri yang bermanhaj ahlu sunnah wal jama’ah.
  7. Menyiapkan santri agar memiliki life skill yang memadai.
  8. Meluluskan santri yang hafal Al Qur’an minimal 6 Juz.
  9. Melahirkan santri yang berwawasan lurus dan luas.
Posted in: Profil Pesantren